Jepang Kejutkan Jerman

Pertandingan Piala Dunia FIFA 2022 memang penuh kejutan. Setelah Argentina dipermalukan Arab Saudi dengan skor 1-2, kini Der Panzer alias Jerman juga dipermalukan oleh lawannya.

Ya, pertandingan Jerman melawan Jepang kemarin adalah kekalahan yang luar biasa. Mereka merasakan kekalahan di pertandingan pembuka Piala Dunia untuk kedua kalinya secara berturut-turut di tahun 2018 dan tahun 2022. Di kedua tahun itu Jerman gagal lolos.

Terlalu dini merasa aman

Agaknya Jerman merasa percaya diri setelah mereka diberi hadiah berupa tendangan dari kotak penalti. Ilkay Guendogan tampak kakinya tersangkut oleh Gonda dan keduanya pun terjatuh. Wasit memberi hadiah penalti.

Tanpa kesulitan yang berarti, Ilkay Guendogan sukses melakukan eksekusi di gawang Jepang yang dijaga Suichi Gonda setelah kipper kawakan Jepang itu salah dalam menebak arah bola di menit ke-33.

Sementara Jerman sedikit lebih baik di babak pertama meski kedua tim masih terlihat ceroboh ketika melakukan penguasaan bola. Jerman pada babak pertama menguasai ball possession sebanyak 78%.

Ball possession Jerman pada babak kedua juga masih tinggi. Mereka mendominasi lapangan dan kerap melakukan umpan-umpan berbahaya dan penetrasi yang tajam. Akan tetapi, dari serangkaian peluang yang mereka ciptakan, hanya gol tunggal Guendogan yang bersarang di babak pertama.

Alih-alih menguasai bola dan mencetak gol, pemain Jepang rupanya bermain lebih efisien dan praktis. Hal itu terbukti ketika di menit ke-75, pemain Jepang yang bernama Ritsu Doan membuat kedudukan menjadi 1-1.

Gol pembalik keadaan

Babak kedua, Jerman masih percaya diri dengan ball possession mereka meski keadaan sudah 1-1. Namun, ball possession sedominan itu tidak mampu membuat serangan-serangan mematikan Der Panzer berbuah gol.

Mimpi buruk Jerman datang saat Takuma Asano setelah menerima umpan lambung. Pemain bernomor punggung 18 itu dengan cekatan menerima umpan lambung yang datang. Sementara itu di belakangnya menempel dengan ketat Thomas Müller.

Upaya Thomas Müller rupanya sia-sia sebab Asano lebih cepat. Ketika Asano sudah sampai di depan gawang, ia melesakkan tendangan cepat dan tajam ke atas gawang Jerman yang dijaga oleh Neuer di menit ke-83. Kedudukan menjadi 2-1 dengan skor kemenangan untuk Jepang.

Pertandingan Jerman kontra Jepang yang dimenangkan oleh Samurai Biru, sebutan untuk timnas Jepang, merupakan kemenangan perdana atas Samurai Biru melawan Der Panzer.

Thomas Müller tak menyangka

Thomas Müller merasa sangat terkejut dengan kemenangan Jepang. Ia mengaku bingung dengan hasil akhir di mana timnas yang bermain bersamanya bisa kalah.

Ia mengaku, permainan Jerman kala itu adalah permainan yang biasanya dan seharusnya mereka menangkan sebagaimana pertandingan-pertandingan yang lain.

Ia pun mengaku, yang terpenting dalam permainan bola adalah memanfaatkan peluang. Setinggi apa pun ball possession sebuah tim, jika prosentasi tersebut tidak bisa dikonversi menjadi gol, maka hal itu bisa percuma.

Mirip pertandingan Kapten Tsubasa

Bagi penggemar kartun Jepang (anime), kemenangan Jepang atas Jerman dengan skor 2-1 dinilai mirip dengan hasil pertandingan timnas Jepang melawan timnas Jerman. Skornya pun mirip.

Alhasil, fenomena itu menjadikan kemenangan Jepang sebagai momen yang harus diviralkan terlebih oleh fans di Indonesia. Perlu diketahui, Indonesia memiliki penggemar kartun Jepang dengan jumlah yang besar.

Tak heran jika pertandingan Piala Dunia FIFA 2022 antara Jepang melawan Jerman, kerap disandingkan dengan Kapten Tsubasa di mana skor pertandingannya sama. Jangan lewatkan beragam promosi menarik BK8, sebuah situs taruhan online terbaik yang bisa Anda temukan. Anda cukup kunjungi BK8 Mobile dan nikmati bertaruh dari genggaman tangan.