Alasan Mengapa Lionel Messi adalah Pemain Terbaik Dunia

Piala Dunia memang telah usai. Argentina telah sah menjadi juara Piala Dunia Qatar 2022 setelah sebelumnya menaklukan Perancis dalam drama adu penalti.

Mata dunia pada akhirnya tertuju pada Lionel Messi yang seolah menjawab siapa yang terbaik antara dirinya dan Cristiano Ronaldo yang kini berlabuh di liga Arab bersama Al Nassr.

Secara fisik memang Cristiano Ronaldo lebih baik. Dalam segi yang lain, CR7 juga memiliki kemampuan heading yang di atas rata-rata.

Tetapi label pemain terbaik dunia tentu tidak hanya soal fisik maupun seberapa banyak ia mencetak gol dan Lionel Messi telah membuktikan hal itu.

Di generasi saat ini, Lionel Messi adalah yang terbaik yang akan dikenang 5 hingga 10 tahun mendatang. Lantas, apa yang membuat pemain yang dijuluki La Pulga ini begitu istimewa hingga mampu mengalahkan persaingan belasan tahun antara dirinya dan CR7?

Banyak pembuktian sebelum Piala Dunia Qatar

La Pulga adalah satu-satunya pemain sepak bola yang telah memenangkan tiga penghargaan Pemain Terbaik Dunia berturut-turut. Selain itu, di usianya yang 25 tahun, ia telah memperolah caps paling banyak dengan Barcelona, dengan Argentina U-20 dan Olimpiade.

Akselerasi yang mematikan

Messi memang bukan seorang pelari yang cepat seperti Gareth Bale, Theo Walcott atau Cristiano Ronaldo. Sepanjang Piala Dunia kemarin, publik banyak menyoroti Messi yang seolah malas berlari.

Akan tetapi, kemalasannya itu adalah strateginya untuk memindai posisi lawan dan celah pertahanan mereka.

Namun, sekalinya Messi mendapatkan bola dan ia berniat menerobos pertahanan lawan, ia adalah orang yang susah untuk dihentikan. Akselerasinya saat ia berniat menerobos pertahanan lawan bisa dibilang tinggi.

Kelincahan yang mengaggumkan

Kelincahannya saat menggiring bola yang ia tunjukan selama Piala Dunia adalah bukti yang tak terbantahkan—bahwa Messi memang memiliki kelincahan di atas rata-rata para pemain bola profesional.

Kelincahan Messi tidak hanya dipergunakannya untuk mencetak angka, tetapi juga untuk membuka celah pertahan lawan lalu ia melakukan umpan. Kelincahan Messi adalah ikon.

Messi penuh trik

Messi adalah pemain yang cerdas. Kemampuannya dalam memindai posisi lawan dan menemukan celah untuk menerobos pertahanan lawan, ia barengi dengan trik-trik cerdas saat berhadapan satu lawan satu dengan pemain bertahan lawan.

Ia mampu berpikir sepersekian detik untuk bisa meloloskan diri. Meski trik yang ia lakukan tidak seperti rainbow kick Neymar yang melambungkan bola ke atas, trik Messi membuat bola tetap berada di bawah. Beberapa kali juga Messi menaklukan lawannya dengan nutmeg.

Daya tempur yang tinggi

Bola yang digiring Messi seolah tak bisa lepas dari kakinya. Ia adalah pemain yang gigih dalam mempertahankan bola sampai ke daerah lawan atau mengkonversinya menjadi sebuah gol.

Di pertandingan saat Argentina melawan Kroasia, daya tempur Messi terlihat jelas saat ia menerobos jantung pertahanan Kroasia hingga membuahkan kemenangan bagi Argentina.

Demikian juga saat Argentina mengalahkan Perancis. Terlihat Messi sangat getol membawa bola dan menciptakan peluang demi peluang.

Umpan yang sangat jitu

Messi memiliki kemampuan membaca arah gerakan lawan dan arah rekan timnya sendiri. Menurut statistik, Messi telah melakukan umpan sebanyak 347, gol sebanyak 7 gol dan assist sebanyak 3 assist.

Mata Messi seolah mampu membaca peluang yang mana bisa menciptakan gol atau minimal ancaman bagi pertahanan lawan.

Umpan-umpan yang dilakukan Messi terlihat seolah mustahil, mendadak bagi pihak lawan, namun sangat mudah dibaca oleh rekan setimnya. Hal ini lah yang menjadikan Messi sebagai pemain yang paling berbahaya.

Tendangan yang sukar ditebak

Kemampuan satu ini sama berbahayanya dengan kemampuan umpan yang dimilikinya. Messi memang bisa dibilang tidak memiliki tendangan andalan yang keras seperti Ibrahimovic, Cristiano Ronaldo atau bahkan Haaland. Meski demikian, Messi memiliki tendangan yang susah ditebak ke mana arahnya.

Sebagai contoh, secara naluriah, seorang kiper akan bersiap bilamana ia berhadapan dengan pemain yang penuh talenta. Tetapi Messi acapkali melakukan tendangan yang pelan dan bola cenderung menggelinding begitu saja.

Sangat berbeda dengan pemain-pemain bintang yang memiliki tendangan yang begitu keras hingga membuat bola seperti diluncurkan oleh pendorong. Tendangan milik Messi amat sukar ditebak dan ia sangat percaya diri dengan tendangan yang dimilikinya.

Tak perlu ragu untuk mencoba tantangan baru bersama 188Bet, tempat di mana Anda bisa bertaruh tanpa harus merasa ragu.