Alasan Liga Primer Menolak Laga Chelsea Ditunda

BK8 Laga Chelsea ditunda

Permohonan pembatalan atau penundaan laga tengah menjadi sorotan tajam di tengah perhelatan Liga Primer Inggris. Kenaikan kasus infeksi Covid-19 akibat merebaknya varian Omicron menjadi alasan berbagai klub untuk mengajukan permohonan tersebut. Namun, sayangnya tidak semua permohonan tersebut diterima oleh pihak penyelenggara. Salah satu di antaranya adalah permohonan laga Chelsea ditunda yang berujung penolakan dari pihak Liga Primer Inggris.

Permohonan Laga Chelsea Ditunda Ditolak

Chelsea baru-baru ini dinyatakan tidak memenuhi ketentuan untuk penundaan laga. Hal ini terkait laga Liga Primer Inggris yang dijadwalkan untuk mereka jalani kontra Wolverhampton Wanderers.

Sebelumnya, seperti diberitakan BK8 mobile, pihak Chelsea mengajukan permohonan kepada pihak penyelenggara. Dalam permohonan tersebut, pihak The Blues meminta laga yang dijadwalkan di Molineux tersebut untuk ditunda. Maraknya kasus penyebaran Covid-19 pun dijadikan sebagai alasan. Pihak Chelsea menjabarkan bahwa hali ni didukung dengan semakin banyaknya hasil tes positif yang mereka terima dalam kurun 24 jam terakhir.

Meski demikian, sayangnya permohonan tersebut ditolak oleh pihak Liga Primer Inggris. Pihak Chelsea sendiri mengabarkan bahwa mereka baru menerima keputusan ini hanya berselang beberapa jam sebelum laga tersebut dimulai. Terkait penolakan ini, juru bicara Chelsea berujar bahwa mereka sangat kecewa dengan keputusan tersebut. Landasan kuat yang diajukan oleh pihak tim tekrait kesehatan dan keselamatan pemain nyatanya tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara.

Alasan Penolakan Permohonan Laga Chelsea Ditunda

Meski demikian, beberapa pihak mengklaim bahwa alasan penolakan tersebut terjadi dapat dipahami. Pihak Liga Primer Inggris tampaknya memang mengetahui bahwa sebenarnya pihak The Blues tidak memenuhi kriteria agar laga Chelsea ditunda.

Menurut peraturan Liga Primer saat ini, sebuah tim dianggap dapat menjalani pertandingan apabila memiliki setidaknya 14 orang pemain, termasuk seorang penjaga gawang. Terkait kebijakan ini, pihak Chelsea sudah seharusnya memahami alasan penolakan tersebut. Hal ini karena pihak Chelsea memasukkan 5 orang pemain pengganti dalam daftar pemain mereka. Kelima orang tersebut bahkan mencakup 2 orang pemain pengganti untuk posisi penjaga gawang. Kedua pemain tersebut adalah Marcus Bettinelli dan Kepa Arrizabalaga.

Tanggapan Sang Pelatih

Setelah permohonan laga Chelsea ditunda ditolak, laga Chelsea vs Wolves menjadi satu dari sekian sedikti laga yang tetap berjalan pada akhir pekan ini waktu setempat. Sebelumnya, laga Arsenal vs Leeds United juga tetap diselenggarakan. Pada laga yang bertempat di Stadion Elland Road tersebut, pihak Arsenal berhasil meraup kemenangan dengan menaklukkan Leeds United dengan skor telak 4-1.

Sementara itu, terkait penolakan yang mereka terima, Thomas Tuchel menyampaikan pendapatnya. Ia berujar bahwa pihaknya telah menaati seluruh peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan Liga Primer Inggris. Ia pun menegaskan bahwa kewenangan untuk menunda, membatalkan, atau melanjutkan laga berada di tangan Liga Primer Inggris.

Meski demikian, ia secara tersirat memohon agar ada transparansi dan penjabaran di balik pengambilan keputusan tersebut. Ia sendiri mengatakan bahwa sebagai pelatih, ia mengetahui betul semua peraturan yang berlaku. Sayangnya, ia tidak terlalu memperhatikan semua peraturan tersebut. Ia pun lebih memilih untuk tidak terlalu memusingkan keputusan yang telah diambil dan berfokus pada menjalani laga mereka tersebut.