5 Titisan Lionel Messi yang Gagal Bersinar

Lionel Messi

Lionel Messi

Seperti diketahui, Lionel Messi memiliki reputasi yang luar biasa di ajang sepakbola dalam satu dekade terakhir. Pemain berdarah Argentina itu bahkan telah meraih enam Ballon d’Or yang menjadi rekor tersendiri di dunia kulit bundar. Ia pun sudah memenangkan begitu banyak gelar prestisius bersama klub yang membesarkan namanya, FC Barcelona. Hal ini membuat Blaugrana sempat selalu dijagokan meraih trofi La Liga dan Liga Champions hampir di setiap musim, setidaknya menurut rumah taruhan seperti W88.

Tapi, usia Messi sudah tidak muda lagi. Ia sudah memasuki masa-masa akhir dalam karirnya karena telah berusia 34 tahun. Sayangnya jebolan akademi La Masia itu harus berpisah dengan Barcelona karena kontraknya tidak bisa diperpanjang di akhir musim 2020/21 kemarin. Pemain berjuluk La Pulga itu kini sudah resmi menjadi bagian dari klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain.

Selama aktif sebagai pesepakbola, terutama setelah melewati usia 30 tahun, sejumlah pemain kerap digadang-gadang sebagai titisan Lionel Messi. Julukan tersebut biasanya disematkan kepada seorang pemain karena ia memiliki gaya bermain yang mirip dengan La Pulga.

Kendati demikian, sejauh ini julukan itu hanyalah sekedar julukan. Sebab, para pemain yang sebelumnya dijuluki titisan Messi justru gagal bersinar. Berikut daftar lima pemain yang sempat dijuluki sebagai titisan Lionel Messi.

Marko Marin – Lionel Messi dari Jerman

 Marko Marin mendapatkan julukan sebagai ‘Messi dari Jerman’ saat memperkuat Werder Bremen. Performanya memang terbilang cukup baik bersama klub Bundesliga itu sehingga membuat Chelsea tertarik untuk menggunakan jasanya.

Sayangnya, sinar Marko Marin justru meredup setibanya di Stamford Bridge. Ia kesulitan mendapatkan menit bermain reguler dan bahkan lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Beberapa klub yang pernah meminjamnya antara lain Sevilla, Fiorentina, Anderlecht, dan Trabzonspor.

Marko Marin juga pernah membela Olympiacos, Red Star Belgrade, dan Al-Ahli setelah dilepas Chelsea. Saat ini ia berstatus sebagai pemain klub asal Hungaria, Ferencvaros. Meredupnya sinar Marin turut memudarkan julukan titisan Lionel Messi yang sempat disematkan kepadanya.

Gai Assulin

Assulin merupakan pemain jebolan akademi La Masia, sama seperti Lionel Messi. Kendati demikian, ia tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk bermain di tim utama Barcelona. Manchester City sempat merekrutnya pada tahun 2010 lalu. Tapi lagi-lagi ia gagal mendapatkan tempat di skuat utama.

Gai Assulin sempat dipinjamkan ke Brighton and Hove Albion sebelum kemudian merapat ke beberapa klub. Namun, ia tidak pernah lama memperkuat satu tim dan lebih sering berganti klub. Saat ini Assulin terdampar di klub Serie D Italia bernama Crema.

Alen Halilovic – Messi dari Kroasia

Halilovic sempat dijuluki sebagai Lionel Messi dari Kroasia. Sebab, ia memiliki gaya bermain yang mirip dengan La Pulga kendati bermain di posisi yang berbeda. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu meninggalkan Dinamo Zagreb demi pindah ke tim muda FC Barcelona pada tahun 2014 lalu.

Alen Halilovic sempat digadang-gadang bakal menjadi bintang masa depan Blaugrana. Sayangnya, ia gagal memenuhi ekspektasi tersebut. Ia hanya tampil satu kali bersama skuat utama Barcelona sebelum akhirnya dijual ke klub Bundesliga, Hamburg pada tahun 2016.

Nasib Halilovic tidak serta merta membaik setelah hengkang dari Barcelona. Ia kerap berpindah-pindah klub dan saat ini bermain untuk klub Championship, Reading.

Juan Iturbe

Iturbe sempat menjadi bahan perbincangan ketika masih memperkuat klub asal Argentina, River Plate pada tahun 2013. Ia kemudian memutuskan untuk hijrah ke Italia bersama Hellas Verona dan AS Roma. Sayangnya, AS Roma tidak mampu memoles bakat yang dimiliki oleh Iturbe. Padahal, ia disebut sebagai generasi penerus Lionel Messi karena sama-sama berasal dari Argentina.Pada akhirnya, AS Roma memutuskan untuk melepas Iturre dengan status pinjaman ke klub Meksiko, UNAM. Saat ini Iturbe memperkuat klub asal Yunani, Aris Thessaloniki. Ia baru bergabung dengan klub tersebut di bursa transfer musim panas 2021 kemarin.

Bojan Krkic – Punya Gaya Main Mirip Lionel Messi

Bojan mengawali karirnya sebagai pesepakbola di akademi La Masia Barcelona. Ia memiliki bakat yang mengagumkan dan sukses membuat tim pelatih Blaugrana memberinya debut di tim utama. Kala itu, banyak orang melihat Bojan adalah sosok penerus Lionel Messi.

Tapi, seiring berjalannya waktu Bojan mulai kesulitan untuk mendapatkan tempat utama di skuat Barcelona. Sebab, ia harus bersaing dengan nama-nama besar seperti Pedro Rodriguez, Thierry Henry, dan David Villa. Pada akhirnya, pihak Barcelona memutuskan untuk melepas Bojan ke AS Roma pada tahun 2011 lalu.

Setelah memperkuat AS Roma selama beberapa musim, Bojan lebih sering berpindah-pindah klub. Eks pemain Stoke City tersebut kini berstatus sebagai penggawa klub asal Jepang, Vissel Kobe.